Jumat, 15 Januari 2010

Teknik Membaca Jurnal


Pertama, membaca Abstrak, Pendahuluan dan Kesimpulan dari sebuah makalah untuk mendapatkan gambaran umum yang jelas mengenai maksud, tujuan serta hasil dari makalah. Abstrak yang baik memang mampu memberikan gambaran umum mengenai isi dari makalah, Namun ternyata tidak semua Abstrakditulis dengan baik. Beberapa abstrak dapat saja tidak memberikan gambaran dari isi makalah. Sehingga pada akhirnya untuk mendapat gambaran umum, dapat dilakukan dengan membaca pendahuluan dan kesimpulan saja.



Kedua, setelah mendapat ide umum dari makalah, hal yang dilakukan kemudian membaca sepintas dan mencari ide‐ide umum dari setiap sub‐bab dalam makalah untuk mencari alur pengambilan kesimpulan secara jelas dari makalah yang ditulis. Apabila menemui detail‐detail makalah yang menarik perhatan ataupun yang diperkirakan memiliki andil besar dalam pengambilan kesimpulan, kita dapat memilih untuk membaca bagian tersebut terlebih dahulu. Diskusi yang mendahului pengambilan kesimpulan terkadang juga sangat penting untuk disimak untuk mencari hubungan antara penjelasan‐penjelasan sebelumnya dengan kesimpulan di akhir makalah. Setelah semua itu dilakukan, selanjutnya kita dapat membaca kalimat per kalimat pada makalah tersebut secara
lengkap. Cara membaca yang memakan waktu seperti ini hanya akan dilakukan apabila perlu.

Sumber: Mulyadi, Michael B. (2007). Makalah Ilmiah dan Mahasiswa:Sebuah evaluasi akhir mata kuliah seminar. [http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/Seminar-MIS/etc/207-12-Michael-Budiman-Mulyadi-Ringkasan-Individu.pdf]. Halaman: 4-5.


3 komentar:

  1. kok lebih enak baca komik / novel ya ketimbang baca jurnal?!
    tanya kenapa?

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas sharingnya, cukup membantu bagi para Penerjemah juga.
    http://www.tramusi.net/

    BalasHapus