Selasa, 30 Juni 2009

Hikayat Dua Ekor Kodok

Once upon a time (halah sok inggris,hehehe), hidup dua ekor kodok di negeri antah berantah dan berada di dua tempat yang berbeda. Pada suatu ketika salah seekor kodok melihat panci yang berisi air yang sedang dipanaskan. Melihat hal tersebut, kodok itu berpikir, "wah sepertinya enak berenang-renang di dalamnya". Kemudian loncatlah sang kodok, ceburrr. "wah airnya tidak dingin, nyaman sekali", pikir si kodok. Lama-kelaman air tersebut semakin hangat, dan semakin nyaman saja menurut si kodok. Tak lama kemudian air tersebut memanas, namun kodok tersebut berpikir ah nanti saja keluarnya gampang nanti tinggal loncat saja; berenang-renang dahulu ah masih hangat nih. Setelah air tersebut menjadi panas, kodok tersebut merasa kesakitan dan mencoba untuk melompat keluar. Namun karena sudah kehabisan energi, akhirnya matilah si kodok menjadi sup.


Di lain tempat, dengan kodok yang berbeda, terdapat sebuah panci namun dengan air yang mendidih di dalamnya. Mendekatlah si kodok dan dia terheran melihat adanya air yang bergolak-golak. Kemudian loncatlah si kodok ke dalam panci tersebut, ceburr!!!. Kemudian si kodok terkaget merasakan air yang begitu panas dan langsung sekuat tenaga keluar dari panci dan akhirnya selamat dari kondisi menjadi sup.

Apa hikmah (ibroh) yang bisa kita dapat dari cerita di atas??
mungkin salah satunya adalah bahwa janganlah terlena dengan perubahan yang kita alami. Salah satu yang kita harus perhatikan adalah, apakah perubahan tersebut menuju ke arah yang lebih baik, atau justru sebaliknya. Karena itu berhati-hatilah dengan sesuatu yang melenakan, bisa jadi hal tersebut malah berakibat buruk.
Hal lainnya adalah terkadang kita perlu merasakan sakit terlebih dahulu sebelum sadar bahwa hal tersebut salah. Padahal sebenarnya kita bisa menghindari rasa sakit tersebut jika kita mau mencari tahu dan menerima bahwa tidak semua hal yang kita lakukan benar, atau dengan kata lain merasa benar sendiri.

Semoga bisa diambil yang baiknya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar